Perbaiki Infrastruktur Jalan Raya dan Jembatan

SETIAP tahun seperti biasa men jelang Hari Raya Idul Fitri, saya mudik dari Jakarta ke Pangandaran, Jawa Barat. Dan menjelang hari raya lalu, kembali saya menuju Pangandaran menjelang Lebaran. Soal macetnya mudik sudah biasa dialami oleh saya dan ribuan pemudik lainnya.Tentu saja, saya sudah menyadari konsekuensi macet akibat mudik tersebut, karena banyaknya pengendara yang sama-sama menuju kampung halaman masing-masing. Namun, yang sangat saya sesalkan ialah ketidaksiapan pemerintah daerah setempat terhadap arus mudik yang menuju dan melewati daerah mereka.

Seperti saya yang menuju Pangandaran, saat melewati Jembatan Cibaruyan, daerah Ciahurbeuti, Ciamis.Ternyata jembatan tersebut dalam kondisi rusak yang sangat parah alias ambles sehingga sama sekali tidak bisa dilalui para pemudik.
[Gunakan transportasi berupa rental mobil Bandung untuk perjalanan di Provinsi Jawa Barat]

Akibatnya, saya dan pemudik yang memerlukan jembatan itu untuk menuju ke kampung halaman masing-masing harus memutar. Semua kendaraan dialihkan ke jalur Kota Tasikmalaya. Kondisi seperti itu sudah terjadi berulang kali. Selalu saja setiap pulang mudik ada jalan yang tetap rusak.Jembatan yang rusak bahkan ambles.Tentu saja, kemacetan makin bertambah akibat ada jalan atau jembatan yang rusak tersebut.

Setiap kali saya pulang mudik tidak ada penyelesaian infrastruktur yang memadai dari pemerintah daerah setempat. Selalu saja pemerintah daerah tidak siap menerima arus pemudik.l Selalu terjadi jalan yang tetap rusak, i jembatan yang ambles, bahkan jalan . berlubang-lubang yang seharusnya ketika mudik sudah dalam kondisi bagus untuk dilalui. Anehnya, jalan ber lubang itu merupakan pemandangan biasa dan tetap saja ada di beberapa t daerah yang saya lewati. Entah perbaikannya tidak selesai atau memang tidak dipedulikan.i Sebagai pemudik, saya selalu kha watir tiap kali melewati jalan-jalan rusak tersebut. Bukan hanya karena kemacetan berpuluh jam yang ha. rus saya hadapi, melainkan juga keamanan mengemudi yang menjadi kekhawatiran.

Soal Jembatan Cibaruyan yang rusak tersebut, saya berharap Pemerintah Daerah Ciamis segera memperbaiki nya. Perbaikan harus dilakukan bukan hanya menjelang Hari Raya Idul Fitri, melainkan kondisi infrastruktur jalan juga harus selalu dijaga agar pengguna jalan dapat berkendara dengan aman i dan nyaman. Semoga Pemerintah Daerah Ciamis . memperhatikan masalah ini dan saya . berharap jembatan bisa diperbaiki dengan layak. Ridwan Jakarta - Media Indonesia, 19/08/2014,halaman 25

0 komentar:

Posting Komentar