Adu Kemampuan Mekanik Daihatsu

KEMAMPUAN tenaga mekanik menjadi salah satu fokus Daihatsu dalam mengembangkan layanan purnajual mereka. Peningkatan kemampuan mekanik di seluruh bengkel diyakini akan memberikan kepuasan kepada pelanggan sekaligus mempertahankan kualitas layanan Daihatsu.
Upaya memperkuat layanan itu salah satunya dilakukan dengan gelaran National Technical Skill Contest yang digelar tiap tahun di seluruh jaringan bengkel Daihatsu di Tanah Air. Tahun ini, final NTSC digelar di gerai Daihatsu Sales Operation Karawang, Jawa Barat, Kamis (6/2).

“Dengan kontes ini, jajaran aftersales Daihatsu memiliki motivasi belajar dan meningkatkan kompetensi sehingga bisa meningkatkan pelayanan kepada pelanggan,“ ujar Chief Operation Officer PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Toto Suryana saat membuka NTSC 2014.

Kontes itu, imbuh Toto, sangat baik untuk meningkatkan kemampuan sehingga dapat memberikan pelayanan dengan kualitas yang sama seperti di negara lain. Menurut Aftersales Service and Logistic Division Head PT AI-DSO Lili Herman, kontes para mekanik itu juga erat kaitannya dengan pemasaran. “Penjualan kita harus di-support aftersales service. Mengapa selama bertahun-tahun kami bisa berada di urutan kedua penjualan otomotif nasional, karena memang kami memberikan kualitas pelayanan purnajual dengan standar global Daihatsu,“ tuturnya.

Technical Service Division Head PT Astra Daihatsu Motor Ahmad Syaufi menjelaskan final NTSC 2014 diikuti 24 peserta dari delapan wilayah layanan Daihatsu, yaitu DKI 1, DKI 2, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra, Kalimantan, dan Indonesia Timur. Mereka merupakan pemenang dari kontes yang digelar di tiap wilayah. Beberapa materi kontes diperlombakan antara lain teori, troubleshooting, role play, kemampuan kepemimpinan, dan post test.

Saat ini Daihatsu memiliki 150 bengkel dengan sekitar 2.000 mekanik. Kontes itu diharapkan bisa memacu mekanik terus mengikuti prosedur operasional standar dan bisa bekerja efisien, juga safety.
(*/S-2/ Media Indonesia 13 Februari 2014)

0 komentar:

Poskan Komentar