Di Sumedang, Jalan yang Rusak Bertambah

Pada Senin (21/4), saya pergi ke Sumedang , Jawa Barat, untuk suatu keperluan. Setelah beberapa lama tidak pergi ke sana, saya cukup kaget karena akses menuju Kota Sumedang cukup mengecewakan. Tidak sedikit jalan yang berlubang atau bergelombang. Lubang di jalan yang saya lalui memiliki ukuran lumayan besar.

Jalanan berlubang ternyata tidak hanya terjadi di jalur menuju Kota Sumedang, tetapi juga beberapa titik dari arah Tanjungsari hingga Cileunyi terdapat hal yang sama.

Buruknya infrastruktur tersebut jelas berdampak kepada masyarakat pengguna jalan, mulai dari kemacetan yang bertambah hingga kenyamanan terganggu. Jika itu terus dibiarkan, jalanan akan semakin parah dan rawan kecelakaan. Apalagi para pengendara kendaraan umum yang tidak sabar sehingga membiarkan mobil melaju kencang tanpa melihat jalanan yang berlubang tanpa memikirkan kenyamanan penumpang. Beberapa jalan yang berlubang pun ditangani penduduk sekitar dengan cara diuruk sekadarnya.

Namun, karena bukan bahan yang seharusnya untuk perbaikan jalan, kondisi tersebut tidak banyak membantu. Mereka menutupinya dengan tanah atau bebatuan yang dihancurkan. Pemerintah Kabupaten Sumedang seharusnya bisa cepat menangani masalah ini. Apalagi jalur Cileunyi menuju Sumedang atau sebaliknya merupakan jalan yang sangat ramai dilalui.

Dengan kondisi yang lumayan parah tersebut akan lebih banyak kerugian yang diderita masyarakat dan juga pemerintah.
Alangkah baik-nya untuk segera diperbaiki demi kenyamanan semua pihak. Fanny Shefira Kautsar Mahasiswi UIN SGD Bandung, Media Indonesia, 24/04/2014, hal 20

0 komentar:

Poskan Komentar